Pentingnya Brand Bagi Merek
Apa Itu Merek?
Kalau berdasarkan definisi merek yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah merek bisa diartikan sebagai suatu tanda dari pemilik bisnis untuk produk yang dibuat dan/atau dipasarkannya. Merek ini bisa dalam bentuk tulisan saja, simbol/logo tertentu saja, atau juga gabungan dari keduanya.
Merek ini berfungsi sebagai identitas dari suatu produk yang bisa membedakannya dari produk lain yang serupa. Misalnya pada produk air mineral yang dikemas dalam botol. Ada banyak perusahaan yang membuat produk seperti ini, warna dari air minum ini juga sama yaitu bening. Rasanya pun tak jauh beda.Apa itu Brand?
Apa itu Brand?
Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata “brand’? Mungkin sebagian dari kalian langsung mengartikannya sebagai merek. Sebagian lainnya mengatakan bahwa brand adalah desain dari sebuah entitas bisnis, berupa logo, warna, tagline, dan sebagainya.
Tapi tahukah kalian bahwa brand atau merek adalah lebih dari sekedar desain. Banyak yang sering menggunakan kata brand atau merek dalam sehari-hari ataupun dalam berbisnis, tetapi kata brand sendiri masih banyak yang belum memahaminya, bahkan untuk para pelaku usaha sendiri pun.
Definisi awal dari brand sendiri adalah nama dari produk atau jasa yang berasal dari sumber yang spesifik. Dengan menggunakan pengertian ini, kata brand sendiri sama artinya dengan istilah “trademark” atau merek dagang.
Jadi, apa sebenarnya brand itu?
Brand adalah merek mengacu pada konsep bisnis dan pemasaran yang membantu orang mengidentifikasi perusahaan, produk, atau individu tertentu. Brand membantu membentuk persepsi orang tentang perusahaan, produk mereka, atau individu. Brand biasanya menggunakan penanda pengenal untuk membantu menciptakan identitas merek di pasar.
Macam Jenis Brand/Merek
Merek Korporat
Merek Korporat adalah cara bagi perusahaan untuk memasarkan diri mereka sendiri untuk memberikan keunggulan terhadap persaingan mereka. Mereka membuat serangkaian keputusan penting untuk mencapai hal ini, seperti penetapan harga, misi, target pasar, dan nilai.
Personal Brands
Personal Brands
Branding tidak hanya untuk perusahaan lagi. Saat ini, banyak orang menggunakan alat seperti media sosial untuk membangun persona mereka sendiri, sehingga meningkatkan merek mereka. Ini termasuk posting media sosial biasa, berbagi gambar dan video, dan melakukan pertemuan dan sapa.
Merek Produk
Jenis merek yang juga dikenal sebagai merek barang dagangan
ini melibatkan pemasaran satu produk tertentu. Branding suatu produk
membutuhkan riset pasar dan memilih target pasar yang tepat.
Personal Brands
Merek Produk
Jenis merek yang juga dikenal sebagai merek barang dagangan
ini melibatkan pemasaran satu produk tertentu. Branding suatu produk
membutuhkan riset pasar dan memilih target pasar yang tepat.
Pentingnya Brand Bagi Merek
Merek sesungguhnya hanya sebuah nama yang disematkan pada
produk. Saat produk pertama kali ditawarkan pada pasar, produk tersebut
tentunya belum memiliki gambaran secara spesifik atas brand. Di sini brand
berperan penting sebagai bentuk penggambaran produk saat dilihat oleh
masyarakat.
Brand dibentuk agar menciptakan sesuatu yang bisa diingat
dalam jangka waktu lama untuk membentuk loyalitas. Jika proses tersebut
berjalan dengan baik maka akan sangat memungkinkan bertahan dalam persaingan
antar produk serupa.
Yang terpenting adalah bangun suasana positif saat produk
mulai ditawarkan dalam pasar. Tahapan tersebut memang membutuhkan waktu tidak
sedikit karena usaha yang dikeluarkan bertujuan agar bisa mendapatkan
perhatian, ingatan, serta pengalaman positif dalam benak masyarakat.
Merek sesungguhnya hanya sebuah nama yang disematkan pada
produk. Saat produk pertama kali ditawarkan pada pasar, produk tersebut
tentunya belum memiliki gambaran secara spesifik atas brand. Di sini brand
berperan penting sebagai bentuk penggambaran produk saat dilihat oleh
masyarakat.
Brand dibentuk agar menciptakan sesuatu yang bisa diingat
dalam jangka waktu lama untuk membentuk loyalitas. Jika proses tersebut
berjalan dengan baik maka akan sangat memungkinkan bertahan dalam persaingan
antar produk serupa.
Yang terpenting adalah bangun suasana positif saat produk
mulai ditawarkan dalam pasar. Tahapan tersebut memang membutuhkan waktu tidak
sedikit karena usaha yang dikeluarkan bertujuan agar bisa mendapatkan
perhatian, ingatan, serta pengalaman positif dalam benak masyarakat.

Komentar
Posting Komentar